Anak berkebutuhan khusus diartikan sebagai anak yang mempunyai kecacatan atau yang menyandang ketunaan, dan juga anak lantib dan berbakat. Seiring perkembangannya, makna ketunaan dapat diartikan sebagai berkelainan atau luar biasa. Konsep ketunaan berbeda dengan konsep berkelainan. Konsep ketunaan cenderung mengarah kepada orang yang mempunyai kecacatan sedangkan konsep berkelainan atau luar biasa mempunyai makna yang lebih luas yaitu mencakup anak yang menyandang ketunaan maupun yang memiliki keunggulan. Anak berkebutuhan khusus dapat merujuk pada anak dengan kecacatan fisik, gangguan kognitif atau perkembangan, gangguan pendengaran atau penglihatan, gangguan perilaku atau emosional, dan kondisi kesehatan kronis atau terminal. Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan yang unik, dan perawatan yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Tujuan penelurusan ini sebagai upaya untuk memberikan pemahaman mengenai Pendidikan anak berkebutuhan khusus terutama yang berkaitan dengan keterampilan merawat kesehatan. Metode yang digunakan berupa teknik pengumpulan data melalui penelusuran literatur serta kajian jurnal. Hasil kajian berupa berbagai upaya harus dilakukan agar ABK dapat melewati masa pertumbuhan dan perkembangannya dalam kondisi yang optimal. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggalakkan program peningkatan derajat kesehatan melalui asupan menu sehat bergizi dan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023