Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang lebih mengutamakan pada proses peran guru sebagai penyaji dan mengarahkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Sumokembangsri 01 guru masih menggunakan metode ceramah. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu diawali dengan kegiatan observasi, selanjutnya dilakukan kegiatan tes di tiap akhir siklus, dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas II SDN Sumokembangsri 01 pada tahun ajaran 2022/2023 dengan menunjukkan hasil siklus I dari 29 peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 20 peserta didik dengan persentase 72,56% yang tidak tuntas belajar 9 peserta didik dengan persentase 27,44 % dengan nilai rata-rata 70,48. Pada siklus II menunjukkan dari 29 peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 26 dengan persentase 90,75 % yang tidak tuntas belajar 3 peserta didik dengan persentase 9,25 % dengan nilai rata-rata 80,24.
Copyrights © 2023