Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: lingkungan sekolah yang kuraang kondusif dan rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: a) apakah terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Kab Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2022/2023, b) apakah terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Kab Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2022/2023, c) apakah terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Kab Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII MTsN 5 Kab Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 dan sampel penelitian diambil secara cluster sampling yang terdiri dari 35 orang siswa. Penelitian menggunakan uji t dan uji F. Uji t digunakan untuk regresi linier sederhana (parsial) dan uji F digunakan untuk regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi untuk lingkungan sekolah adalah Y = 32,878 + 0,382X1 dengan korelasi 0,559 dan KD sebesar 31,3%, sedangkan hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,875 > 2,042 untuk X1, Persamaan regresi yang diperoleh untuk motivasi belajar adalah Y=43,163 + 0,315X2 dengan korelasi 0,439 dan KP sebesar 19,3%. dan hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh thitung > ttabel 2,8060 > 2,042 untuk X2 dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Persamaan regresi linier berganda lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika adalah Y = 18,945 + 0,332X_1+ 0,239X_2 dengan korelasi sebesar 0,647 dan KP sebesar 41,86%. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 11,522 > 3,29 dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 5 Kab Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023