Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: rendahnya kebiasaan belajar pada diri siswa, rendahnya sikap siswa pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah: a) apakah terdapat pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 6 Agam Tahun Pelajaran 2022/2023, b) apakah terdapat pengaruh signifikan antara sikap siswa pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 6 Agam Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah kelas VIII MTsN 6 Agam Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 267 siswa dan sampel penelitian diambil secara cluster sampling yang terdiri dari 54 orang siswa. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu berupa instrument angket untuk variabel kebiasaan belajar dan sikap siswa dan instrument tes untuk variabel hasil belajar. Penelitian menggunakan uji t untuk regresi linier sederhana (parsial). Sebelum melakukan uji hipotesis regresi linier sederhana, sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji linieritas.Persamaan regresi sederhana untuk kebiasaan belajar adalah Y = 30,013+ 0,516X_1 dengan korelasi 0, 403 dan KD sebesar 16,240%. Persamaan regresi untuk sikap siswa adalah Y= 34.617 + 0,469X_2. dengan korelasi 0, 408 dan KD sebesar 16,6464%. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,171 > 1,68 untuk X1 dan 3,218 > 1,68 untuk X2 dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Pengujian hipotesis disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Kebiasaan Belajar Pada Pembelajaran Matematika Dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII MTsN 6 Agam Tahun Pelajaran 2022/2023”. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Sikap Siswa, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023