Semakin menurunnya hasil belajar matematika karena dirasa sulit, membosankan, dan tidak menarik menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran team game tournament (TGT) pada proses pembelajaran. Jenis penelitian tindakan kelas menggunakan kolaboratif guru dengan peneliti. Data penelitian diperoleh dari kegiatan observasi dan tes tulis pada ranah kognitif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan model pembelajaran team game tournament (TGT). Hasil penelitian ditemukan perbedaan selisih nilai rata-rata yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siklus I sebesar 72 dan siklus II dengan nilai rata-rata 87. Hasil ini dibuktikan dari pengolahan data menggunakan SPSS 25 melalui pelaksanaan uji-T. Signifikasi (2-tailed) menunjukkan pada siklus I dan siklus II sebesar 0,00 yang artinya kurang dari kriteria uji-T yaitu 0,05. Kesimpulan dari penelitian PTKK ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) pada peserta didik kelas II SDN Sidomojo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023