Latar belakang penelitian ini adalah ditemukan rasa kurang semangat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika khususnya materi kubus dan balok, itu terbukti adanya aktivitas pasif peserta didik saat pembelajaran berlangsung, sehingga saat penilaian formatif maupun penilaian sumatif 67,84% mereka mendapatkan nilai dibawah KKM. Maka perlu adanya pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk membangkitkan semangat dan aktivitas belajar peserta didik. Pemilihan model Project Based Learning (PjBL) dan penggunaan media pembelajaran berupa papan kontruksi bangun ruang digunakan oleh peneiti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan seperti itu pembelajaran akan melibatkan peserta didik lebih aktif bergerak, berfikir dan mengembangkan daya imajinasi mereka. Subjek penelitian adalah Peserta didik kelas IV SDN Sumberejo 2 Sidoarjo yang berjumlah 16 peserta didik. Rancangan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Presentase aktivitas pendidik pada sikus I sebesar 41,3% dan 82,14 % pada siklus II. Pendidik mampu mengelola kelas dan memotivasi peserta didik agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan. Untuk prsentase aktivitas peserta didik pada sikus I sebesar 56,55% dan 83,2% pada siklus II. Dapat diihat terdapat peningkatan dari sikap dan pengetahuan peserta didik.
Copyrights © 2023