Loss learning akibat dari pandemi covid-19 tampaknya menjadi sorotan khusus dalam laju perkembangan pendidikan di Indonesia. Namun lebih dari itu tampaknya kita harus melihat lebih luas lagi dampak dari covid-19 yang justru membuat teknologi semakin berkembang, salah satu yang mungkin menjadi sorotan peneliti yang membuat pembelajaran lebih berorientasi tekonologi adalah teknologi virtual reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap cara pemanfaatan, kelebihan dan kekurangan, serta bagaimana kontribusi dari millealab untuk pendidikan Indonesia. Dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif observatif, peneliti berusaha mengungkap apa yang menjadi tujuan penelitian. Kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa mekanisme dari millealab ini mendukung tiga media, yaitu handphone, laptop, dan VR Box. Dengan model yang menarik tampaknya itu menjadi suatu yang menonjol dalam kelebihan yang ada dan durasi penggunaan segi medis tampaknya menjadi sorotan yang harus dikembangkan pada penelitian berikutnya. Millealab ini sudah banyak digunakan oleh berbagai institusi di Indonesia terhitung 47 institusi sudah memakai millelab.
Copyrights © 2023