Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dan wawancara bersama guru kelas V SD Negeri Sawah Besar 01, ditemukan kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas V SD Negeri Sawah Besar 01 Kota..Semarang. Sehingga peneliti melakukan Penelitian.Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media gambar tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini dapat mengukur hasil belajar kognitif siswa dengan langkah-langkah pembelajaranya yaitu; 1. Menyajikan kompetensi 2.Mempresentasikan materi 3.Menyajikan media gambar tiga dimensi 4.Diskusi antar kelompok. Setelah melakukan.penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif siswa. Dengan menggunakangambar tiga dimensi siswa memperoleh pengalaman belajar yang nyata, pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan ini, penulis merekomendasikan kepada para guru agar menggunakan. media gambar tiga dimensi dalam pembelajaran IPA di SD karena dapat meningkatkan..hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023