JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Hubungan Social Support terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Negeri Padang (UNP)

Syafrizal Syafrizal (Departemen Psikologi, Universitas Negeri Padang)
Rida Yanna Primanita (Departemen Psikologi, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini bermagsud untuk melihat hubungan social support terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Padang (UNP). Penelitian ini menggunakan kaidah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Padang, dengan jumlah subjek sebanyak 230 orang mahasiswa tingkat akhir yang diambil dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data ini menggunakan angket berskala, social support (?:0,842) berdasarkan teori Zimet et al., (1988) dan academic burnout (?:0,628) berdasarkan Maslach Burnout Inventory – Student Survey (MBI – SS). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan social support dengan terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Padang dengan korelasi Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada mahasiswa mengenali faktor dan dampak buruk dari academic burnout dan melakukan beberapa upaya untuk menekan academic burnout.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...