Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, Juni 2023

PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS ANDORID PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Lutfiah Nurul Janah (Universitas Negeri Jakarta)
Arifin Maksum (Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jakarta)
Rosinar Siregar (Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sumber belajar yaitu, E-Magazine berbasis android pada muatan pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar pada materi sumber daya alam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil dari ahli media menunjukkan skor 86,7% dengan kategori sangat baik, hasil ahli materi menunjukan skor 95,3% dengan kategori sangat baik , serta hasil dari ahli bahasa menunjukkan skor 86% dengan kategori sangat baik. Setelah mendapatkan skor dari ahli serta saran juga kritik. Pengembang merevisi E-Magazine untuk diuji cobakan, E-Magazine diuji cobakan kepada peserta didik secara one to one, small group, dan field test. Hasil uji coba one to one menunjukan skor 94,2% dengan kategori sangat baik, hasil uji coba small group menunjukan skor 95% dengan kategori sangat baik, lalu uji coba field test menunjukan skor 95,1% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa pengembengan E-Magazine berbasis android pada muatan pelejaran IPS kelas IV Sekolah Dasar menghasilkan sumber belajar IPS berupa E-Magazine berbasis android yang valid dan layak digunakan pada muatan pelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...