ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
Vol 9, No 1 (2023): Mei

PENGGUNAAN SIMULASI PHET DAN E-EVALUATION BERBASIS HOT-POTATOES UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EFEK FOTOLISTRIK DAN MINAT BELAJAR CALON GURU FISIKA

Egidius Dewa (Universitas Katolik Widya Mandira)
Oktavianus Ama Ki`i (Universitas Katolik Widya Mandira)
Rosenti Pasaribu (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar mahasiswa calon guru fisika setelah menggunakan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot Potatoes pada materi efek fotolistrik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep pada pre test sebesar 47%  dengan kategori sedang dan post test sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi. Nilai N-Gain pemahaman konsep mahasiswa calon guru fisika sebesar 0,66 dengan kategori sedang sedangkan rata-rata minat belajar mahasiswa calon guru fisika sebesar 83% dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET dan e-evaluation berbasis Hot-Potatoes dalam pembelajaran fisika modern sub bab efek fotolistrik berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar yang tinggi dari mahasiswa calon guru fisika. Kata kunci: simulasi PhET; hot potatoes; efek fotolistrik; pemahaman konsep; minat. ABSTRACTThis study aims to determine the improvement of concept understanding and learning interest of prospective physics teacher students after using PhET simulation and e-evaluation based on Hot Potatoes on photoelectric effect material. This study used a One-Group Pretest-Posttest Design research design, the instruments used were concept understanding test questions and learning interest questionnaires. The results showed that the average understanding of concepts in the pre-test was 47% with a moderate category and the post-test was 82% with a very high category. The N-Gain value of conceptual understanding of prospective physics teacher students is 0.66 with a moderate category. In contrast, the average learning interest of prospective students is 83% with a very high category. The results showed that the use of PhET simulation and e-evaluation based on Hot-Potatoes in learning modern physics of photoelectric effect sub-chapter contributed to the improvement of concept understanding and high learning interest of prospective physics teacher students. Keywords: PhET simulation; hot potatoes; photoelectric effects; concept understanding; interests.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

orbita

Publisher

Subject

Education Physics

Description

ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, ...