Kreativitas anak masih belum bisa dikatakan optimal, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada anak kelompok A1 menunjukkan bahwa dari 18 anak, hanya 3 orang anak (16,67%) yang mampu meningkatkan kreativitasnya. Tujuan untuk mengkaji adanya peningkatan kretaivitas anakĀ meningkatkan kreativitas anak kelompok A1 melalui pembelajaran bermain pasir dan teknikĀ mozaik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat alur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1 yang berjumlah 18 anak, cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I hasilnya adalah 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria tingkat pencapaian kreativitas anak belum berhasil. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II dan memperoleh hasil 83,33 %. Hal ini membuktikan bahwa kriteria tingkat pencapaian kreativitas anak sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak dengan menggunakan metode pembelajaran bermain pasir dan teknik mozaik di Kelompok A1. Sehingga, direkomendasikan bahwa pembeljaarn ini bisa digunakan sebagai metode pembelajarn inovatif untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini.
Copyrights © 2023