Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Kinesthetic Intelligence pada Anak Usia Dini: Permasalahan dan Solusinya

Try Riduwan Santoso (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah)
Ulfa Munzilah Saefy (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah)
Syarief Hasani (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah)
Syarifah Setiana Ardiati (Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah)
Rizqi Rahayu (Antropologi, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Implementasi pengembangan pembelajaran kinesthetic intelligence pada anak usia dini masih menunjukkan adanya permasalahan teknis dalam proses belajar mengajar. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana permasalahan pengembangan kinesthetic intelligence dan solusi dalam meningkatkan minat belajar pada anak usia dini. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pembelajaran kinestetik pada anak usia dini. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran kinestetik pada anak usia dini adalah anak kurang semangat dalam belajar, cenderung pasif bergerak, less respond dan kurang percaya diri yang disebabkan kurang maksimalnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang variatif. Solusi dari permasalahan degradasi minat belajar anak usia dini adalah melalui kegiatan yang bersifat kolektif untuk membantu menstimulasi aspek perkembangan kinesthetic intelligence anak melalui kegiatan yang klasikal, seperti menari, menyusun straw, dan bermain peran. Kegiatan kolektif ini didukung oleh kreativitas guru, metode dan media belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...