Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha
Vol 12 No 1 (2021): Maret 2021

Pengaruh Pelatihan Interval Anaerob Jarak 60-100 Meter Dan Jarak 110-150 Meter Terhadap Kecepatan Lari 100 Meter Pada Siswa Putra Kelas X Sma Negeri 1 Kubu Karangasem

Wiwin Ariningsih, Ni Komang (Unknown)
Suratmin, Suratmin (Unknown)
Chandra Adinata Kusuma, Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan interval anaerob jarak 60-100 dan interval anaerob jarak 110-150 terhadap kecepatan lari 100 meter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan the modified pre-test – post-test group design. Subyek penelitian ini berjumlah 30 orang siswa berjenis kelamin putra. Tes yang digunakan lari 100 meter. Analisis data menggunakan perhitungan statistik uji-t taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan (1)pelatihan interval anaerob jarak 60-100, dengan hasil thitung sebesar 5,701>ttabel=2,145, (2)pelatihan interval anaerob jarak 110-150, dengan hasil thitung= 5,528 > ttabel=2,145, dan (3)perbedaan pengaruh antara pelatihan interval anaerob jarak 60-100 dan jarak 110-150, dengan hasil thitung=1.323<ttabel=2,048. Sehingga disimpulkan bahwa (1)terdapat pengaruh pelatihan interval anaerob jarak 60-100 signifikan, (2)terdapat pengaruh pelatihan interval anaerob jarak 110-150, dan (3)tidak terdapat perbedaan pengaruh pelatihan interval anaerob jarak 60-100 dan jarak 110-150 terhadap kecepatan lari 100 meter, dengan hasil peningkatan sama baik meningkatkan kecepatan lari.

Copyrights © 2021