Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki jalannya proses pembelajaran Lempar lembing melalui modifikasi alat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan siklus, dimana tahap tiap siklus yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Kuburaya Kalimantan Barat yang berjumlah 34 siswa. Hasil peningkatan pembelajaran Lempar lembing diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Dari analisis data, diperoleh bahwa Penggunaan media modifikasi peluru dari bola kertas dalam proses pembelajaran keterampilan Lempar lembing pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan Lempar lembing pada siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 26%. Terdapat peningkatan keterampilan Lempar lembing dengan menggunakan media modifikasi alat pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat .Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui alat dapat meningkatkan keterampilan Lempar lembing pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat .
Copyrights © 2023