Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematrika pada soal berbasis literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan subyek peneltiian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Iman. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dari ke tiga sumber diatas. Teknik analisis datanya dilakukan dengan Reduksi data dilakukan untuk menyeleksi data yang hanya diperlukan untuk analisis data agar lebih mudah, penyajian data meliputi pengklasifikasian dan identifikasi data yaitu menuliskan data yang terorganisir dan terkategori, kemudian peneliti mencoba untuk menarik kesimpulan berdasarkan tema dengan tujuan untuk menemukan makna dari data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa (1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah soal berbasis literasi numerasi, yaitu mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkapkan fakta yang ada, mampu mendeteksi bias dan menentukan konsep untuk menyelesaikan soal, mampu mengerjakan soal sesuai rencana, mampu memeriksa kembali jawaban, menggunakan cara lain, dan menarik kesimpulan. (2) Siswa berkemampuan matematika sedang dapat memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah soal berbasis literasi numerasi, yaitu mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkapkan fakta yang ada, mampu menyelesaikan soal dan mampu mengerjakan soal sesuai rencana.
Copyrights © 2023