Jurnal Perspektif
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Perspektif: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Analisis Kemampuan Metakognisi Pada Pemecahan Masalah Matematis Terhadap Kreativitas Belajar Siswa

Adinda Permata (UIN Sunan Gunung Djati)
Solehudin Solehudin (Unknown)
Hamdan Sugilar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah matematis terhadap kreativitas belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal uraian dengan kemampuan kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang digunakan adalah dari hasil 18 orang siswa kelas XII RPL yang telah ditentukan oleh guru matematikanya. Penelitian ini berfokus kepada kemampuan metakognisi yang dimiliki para siswa yang diharapkan memiliki tingkatan dengan lima tahapan yang telah diuji yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Dengan menggunakan instrumen yang dipakai pada penelitian kemampuan metakognisi ini yaitu dengan tes soal kemampuan metakognisi mengenai materi barisan dan deret aritmatika yang memperhatikan kepada kreativitas belajar siswa dan angket mengenai kemampuan metakognisi pada siswa dengan melihat kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan penarikan kesimpulan dan penyajian data dari random sampling yang dipakai dari 18 siswa. Hasil dari analisis data tersebut memiliki aspek-aspek yang dipenuhi dari lima tahapan yang diuji dan aspek pemecahan masalah matematis siswa terhadap kreativitas belajar siswa memenuhi kepada kemampuan metakognisinya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...