Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan
Vol 3, No 01 (2023)

Perancangan Aplikasi Pembelajaran Teknik Animasi 2D Untuk Pemula Berbasis Android

Daffa Dhiya Ramadhan (Universitas Indraprasta PGRI)
Agus Kodir Arifin (Universitas Indraprasta PGRI)
Ana Rusmardiana (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2023

Abstract

Bidang animasi merupakan salah satu bidang yang peluang kerjanya cukup banyak di industri kreatif, yaitu diantaranya yaitu di industri film, televisi, iklan, olahraga hingga video game. Karena peluang kerja yang luas, seorang animator harus memiliki kompetensi dasar yang baik dan memahami jenis animasi yang ingin ditekuni. Oleh karena itu pengetahuan mengenai jenis animasi yang ada, prinsip dasar animasi dan penggunaan storyboard merupakan sebuah fundamental yang harus dipelajari oleh setiap animator pemula untuk mempermudah proses pembuatan animasi. Dalam perancangan aplikasi ini peneliti menggunakan metode rapid application development. Aplikasi ini diterapkan pada perangkat smartphone berbasis android. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini untuk menyediakan materi pembelajaran teknik animasi 2D yang membahas mengenai teknik dasar pembuatan animasi yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan tersedianya aplikasi pembelajaran teknik animasi 2D untuk pemula berbasis android ini diharapkan dapat mememenuhi permintaan masyarakat terhadap aplikasi pembelajaran teknik animasi 2D yang dapat diakses secara mobile. Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Teknik Animasi 2D, Android 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRKT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) adalah forum yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitian dengan seluruh spektrum komputasi dan kecerdasan buatan.JRKT yang dikelola dan diterbitkan oleh program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. JRKT memiliki periode publikasi ...