Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Katolik dan peranan orang tua dalam pendidikan anak kelas IV dan V di SDN Omba Key, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatifdan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data melalui proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah melalui tahapan mengajar dengan 2x petermuan (pertemuan I dan II). Tes hasil belajar yang diperoleh dengan melakukan analisis secara deskriptif kualitatif yaitu menunjukkan adanya peningkatan presentasi pencapain ketuntasan dari pertemuan I (pertama) 40 siswa secara keseluruhan yang terdiri dari 25 siswa yang berasal dari keluarga Katolik telah tuntas 100 % dan 15 orang siswa yang berasal dari keluarga Marapu terdapat 2 orang siswa yang tuntas (13,33 %) dan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM adalah siswa dari keluarga Marapu dengan jumlah 13 orang (86,66 %). Jumlah keseluruhan siswa keluarga Katolik dan siswa dari keluarga Marapu yang tuntas pada pertemuan I (pertama) terdapat 27 orang (67,5 %) dengan nilai rata-rata 69, 75. Sedangkan pada pertemuan ke II (dua), peningkatan prestasi pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa dari 40 orang siswa secara keseluruhan mencapai 87,5 % yang terdiri dari 25 siswa keluarga Katolik (100 %) dan 10 siswa keluarga Marapu (66,66 %) yang tuntas atau sudah mencapai KKM. Sedangkan yang belum tuntas pada pertemuan ke II (dua) terdiri dari 5 orang siswa dari keluarga Marapu. Jumlah keseluruhan nilai rata-rata siswa pada pertemuan ke II terdapat 87,5 % dengan jumlah siswa 35 orang.
Copyrights © 2022