Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah 113 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang. Instumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan statistik uji korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis regresi sederhana dan regresi ganda masing-masing variabel bebas terhadap minat belajar menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kondisi ekonomi orang tua secara parsial terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai r = 0,681 dan p = 0,000 (p < 0,05) menunjukan thitung 9,805 > ttabel 1,980; selain itu, koefisien determinasi atau sumbangan efektif variabel kondisi ekonomi orang tua terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang adalah sebesar R2 = 46,40%. (2) Ada pengaruh yang positif peran teman sebaya secara parsial terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai r = 0,745 bertanda positif, p 0,000 < 0,05), menunjukan thitung 11,755 > ttabel 1,980; selain itu koefisien determinasi atau sumbangan efektif variabel peran teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang adalah sebesar R2 = 55,50%. (3) Ada pengaruh yang positif kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai sebesar R = 0,789; F = 90,624 dan p = 0,000 (p < 0,05). Kuatnya pengaruh kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya secara simultan terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang teramati dari besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,622 x 100% = 62,20%; dan juga memberi arti bahwa terdapat 37,80% faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar.
Copyrights © 2022