Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 1 (2022)

PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA DAN PERAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 KUPANG

Cyrilus Endrian Kaborang (STKIP Weetebula)
Johanis N Kallau (Universitas Nusa Cendana Kupang)
Uda Geradus (Universitas Nusa Cendana Kupang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah 113 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Kupang. Instumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan statistik uji korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis regresi sederhana dan regresi ganda masing-masing variabel bebas terhadap minat belajar menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kondisi ekonomi orang tua secara parsial terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai r = 0,681 dan p = 0,000 (p < 0,05) menunjukan thitung 9,805 > ttabel 1,980; selain itu, koefisien determinasi atau sumbangan efektif variabel kondisi ekonomi orang tua terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang adalah sebesar R2 = 46,40%. (2) Ada pengaruh yang positif peran teman sebaya secara parsial terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai r = 0,745 bertanda positif, p 0,000 < 0,05), menunjukan thitung 11,755 > ttabel 1,980; selain itu koefisien determinasi atau sumbangan efektif variabel peran teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang adalah sebesar R2 = 55,50%. (3) Ada pengaruh yang positif kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang dengan nilai sebesar R = 0,789; F = 90,624 dan p = 0,000 (p < 0,05). Kuatnya pengaruh kondisi ekonomi orang tua dan peran teman sebaya secara simultan terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kupang teramati dari besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,622 x 100% = 62,20%; dan juga memberi arti bahwa terdapat 37,80% faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...