Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 1 (2022)

Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Koordinat Kartesius Siswa Kelas VIII SMP Kristen Karuni




Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Dalam penyelesaian soal-soal matematika, seringkali terjadi kekeliruan dan kesulitan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matematika. Masalah tersebut dapat berupa penalaran konsep matematika maupun dalam pemecahan soal-soal yang berkaitan dengan rumus matematika. Salah satunya adalah kesalahan dalam menentukan letak titik dan menggambar bidang koordinat kartesius, pada mteri koordinat kartesius jenjang sekolah menengah pertama. Kesalahan-kesalahan ini dapat berupa kesalahan dalam mengidentifikasi soal, memahami maksud dan tujuan soal, penyusunan jawaban yang tidak sistematis serta penarikan kesimpulan jawaban. Bentuk kesalahan ini dapat ditemukan ketika siswa menyelesaikan soal dalam menentukan titik dan menggambar bidang koordinat kartesius, materi koordinat kartesius. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi koordinat kartesius dengan subjek siswa kelas VIII SMP Kristen Karuni. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan fakta. Kesalahan konsep merupakan kesalahan siswa dalam membaca dan memahami pengertian atau definisi sebuah soal. Kesalahan prosedur merupakan kesalahan siswa dalam menyusun jawaban secara sistematis atau terurut. Sedangkan kesalahan fakta merupakan kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal berupa kesalahan penulisan lambang, simbol, kata dan rumus. Kesalahan-kesalahan ini disebabkan karena siswa kurang teliti dalam membaca soal, kurang memahami cara menentukan titik ketika menggambar grafik koordinat kartesius bahkan salah dalam menuliskan atau mengoperasikan rumus. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan cara analisis pada soal dan jawaban hasil pekerjaan siswa dan juga metode wawancara, sehingga ditemukan beberapa kesalahan yang menjadi penghambat bagi siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya, atau ketika menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan koordinat kartesius.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...