Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada proses pembelajaran di kelas V SD Negeri Lokokaki. Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar di kelas V SD Negeri Lokokaki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya termasuk dalam kategori baik. Perolehan skor rata-rata pada guru yang mengajar di kelas V diantaranya subjek I memperoleh skor rata-rata 87,5 dengan kategori sangat baik, subjek II memperoleh skor rata-rata 83,33 dengan kategori sangat baik, subjek III memperoleh skor rata-rata 83,33 dengan kategori sangat baik, dan subjek IV memperoleh skor rata-rata tertinggi yaitu 88,88 dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah guru sudah menguasai keterampilan bertanya dengan baik, namun terdapat beberapa komponen dari bertanya yang belum dikuasai dan dilaksanakan secara optimal.
Copyrights © 2022