Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 1 (2022)

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS V PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDN POGO LEDE.




Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Oleh: Yultini Wonggor NIM. 83821701157. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VB di SDN Pogo Lede tahun ajaran 2021/2022. Kecamatan kota tambolaka NTT. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Jumlah siswa kelas V/B ada 18 orang. Sumber data dari siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang dilakukan secara langsung oleh peneliti, dan dokumentasi sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan ada dua, 1) teknik analisis hasil observasi kedisiplinan belajar siswa, 2) dan hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas V/B di SDN Pogo Lede aspek kedisiplinan belajar dengan nilai sebesar 71% (baik), kedisiplinan di dalam kelas dengan nilai sebesar 50% (cukup), kedisiplinan waktu dengan nilai sebesar 96% (sangat baik), kedisiplinan perbuatan dengan nilai sebesar 100% (sangat baik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn yaitu: tiga siswa yang tidak tuntas pada hasil belajar, yaitu satu siswa memiliki nilai hasil belajar sebesar 63 (tidak tuntas), dan nilai hasil observasi sebesar 66% (baik), dan dua siswa memiliki nilai hasil belajar sebesar 67 (tidak tuntas), dan nilai hasil observasi sebesar 62% dan 71% (baik).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...