Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2023): Vol 3 No 1 Tahun 2023

Studi Komparasi Pengaruh Online Rating Dan Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Marketplace (Shopee Dan Tokopedia)

Ita Rakhmawati Ita Rakhmawati (IAIN Kudus)
Selviana Tari Selviana Tari (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh online rating dan online review terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah marketplace Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner online dengan google form yang disebar kepada mahasiswa aktif program studi Manajemen Bisnis Syariah IAIN Kudus melalui media sosial. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling karena populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen atau berstrata secara proporsional. Hasil penelitian ini menunjukkan secara signifikan terdapat pengaruh positif online rating (X1) dan online review (X2) dengan keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan marketplace Tokopedia. Kemudian dilihat dari nilai R Square pada marketplace Shopee sebesar 0.416 yang berarti 41,6% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Nilai R Square pada marketplace Tokopedia sebesar 0.397 yang berarti 39,7% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan variabel independen yaitu online rating (X1) dan online review (X2). Hasil uji beda penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh online rating terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan marketplace Tokopedia. Sedangkan pada variabel online review terdapat perbedaan online review terhadap keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee dan Tokopedia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BISMAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Bisnis, Manajemen, Kewirausahaan , Akuntansi dan Perpajakan. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu ...