Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar muatan pembelajaran PPKn siswa kelas III di SDN 1 Aikmel tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 1 Aikmel. Pengambilan sampel melalui teknik sampling total. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen didapatkan hasil uji validitas 22 item dinyatakan valid dari 32 item pernyataan dan hasil uji reliabilitas memperoleh nilai 0,862>0,70 yang menunjukkan instrumen sangat reliable. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan bahwa uji normalitas dengan kolmogorov smirnov memperoleh nilai sig. (0,200, 0,200, 0,074, 0,200) yang berarti data berdistribusi normal, sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai sig. sebesar 0,347>0,05 yang artinya data bersifat homogen, sedangkan pada uji hipotesis dengan menggunakan teknik Independent-Sampel T-Test diperoleh signifikansi (si.2 tailed) sebesar 0,003<0,05 yang menandakan adanya pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa. Uji lanjutan dalam penelitian ini menggunakan rumus effect size Cohen’s d dengan hasil 0,90>0,8 yang berarti bahwa pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar termasuk dalam kategori sangat besar berdasarkan klasifikasi effect size. Berdasarkan hasil penelitian, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media interaktif animasi berpengaruh terhadap minat belajar muatan pembelajaran PPKn siswa kelas III di SDN 1 Aikmel Tahun pelajaran 2022/2023
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023