Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar

Habibatin Junnah (Unknown)
Sudirman (Unknown)
Husniati (Unknown)
Moh. Irawan Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penggunaan teknologi pada proses pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di sekolah dasar yaitu salah satu dengan menerapkan Technological, Pedagogigal and Content, Knowledge (TPACK). Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) juga tidak kalah penting dimiliki pada abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan TPACK berbasis HOTS di SDN Mertak Umbak. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif.  Dengan subjek dalam penelitian ini guru kelas IV, V dan VI sedangkan Objeknya adalah penerapan TPACK berbasis HOTS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap persiapan dilihat dari RPP, guru kelas IV, V dan VI sudah merencanakan pembelajaran TPACK berbasis HOTS dengan baik. Tahap pelaksanaan kelas IV dan VI sudah melaksanakan pembelajaran TPACK berbasis HOTS dengan baik, sedangkan kelas V belum terlaksana dengan baik. Terakhir, evaluasi pembelajaran TPACK berbasis HOTS di kelas IV, V dan VI sudah dilaksanakan dengan baik. Penerapan TPACK berbasis HOTS di SDN Mertak Umbak Kecamatan Praya Sudah terlaksana dengan baik di kelas IV dan VI sedangkan kelas V belum terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...