Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru wali kelas IV dan 81 orang peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 5.6% dan nilai signifikansi sebesar 0.886. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 3.6%, nilai signifikansi sebesar 0.747 untuk hasil linier dan sebesar 0.944 untuk hasil kuadratik. Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 4.8%, nilai signifikansi sebesar 0.673 untuk hasil linier dan sebesar 0.372 untuk hasil kuadratik. Kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023