Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa

Susi Susanti (Unknown)
Asrin (Unknown)
Muhammad Syazali (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru wali kelas IV dan 81 orang peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 5.6% dan nilai signifikansi sebesar 0.886. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 3.6%, nilai signifikansi sebesar 0.747 untuk hasil linier dan sebesar 0.944 untuk hasil kuadratik. Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 4.8%, nilai signifikansi sebesar 0.673 untuk hasil linier dan sebesar 0.372 untuk hasil kuadratik. Kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...