Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah

Nilawati (Unknown)
Lalu Hamdian Affandi (Unknown)
Husniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Gaya belajar merupakan kunci untuk untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan di sekolah maupun di dalam situasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang didapatkan melalui kuisioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa gaya belajar siswa dan hasil belajar memiliki hubungan yang sangat penting, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pearson correlation yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa variabel gaya belajar siswa dengan hasil belajar memperoleh nilai rhitung > rtabel atau pearson correlation sebesar 0,304 > 0,154 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hubungan yang didapatkan yakni hubungan positif yang artinya semakin tinggi gaya belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya semakin rendah gaya belajar siswa maka semakin rendah pula hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...