Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi penggunaan IoT di Dunia pendidikan selama masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ada metode penelitian kualitatif dengan jenis atau pendekatan studi pustaka dengan langkah-langkah penelitian a. Menentukan topik yang diteliti dan membatasi ruang lingkup topik tersebut, b. Mencari sumber literatur terkait topik yang diteliti, seperti buku, artikel, jurnal, atau dokumen-dokumen lainnya, c. Membaca dan memahami isi dari sumber literatur yang telah ditemukan, d. Menyusun dan menganalisis data yang telah dikumpulkan dari sumber literature, e. Menarik kesimpulan dalam penelitian. Hasil temuan dan kesimpulan dari penelitian ini bahwa Internet of Things (IoT) didunia pendidikan selama pandemic covid 19 memberikan penguatan bagi dunia pendidikan untuk melakukan transformasi pembelajaran menuju arah digitalisasi. Digitalisasi dunia pendidikan melibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan efektivitas pembelajaran. Dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang digitalisasi, penting untuk memastikan akses yang merata, pelatihan kepada guru, perlindungan privasi data, dan inklusi bagi semua siswa. Dengan mengadopsi digitalisasi dalam pendidikan, dapat dibangun sistem pembelajaran yang lebih adaptif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Copyrights © 2022