Madaniya
Vol. 4 No. 2 (2023)

Pelatihan Pembuatan Website pada Guru-Guru SMA Muhammadiyah Sumowono: Peningkatan Kualitas Sekolah Berbasis Teknologi

Shofiatul Mardliyah (Universitas Muhammadiyah Solo)
Annur Aska Pratama (Universitas Muhammadiyah Solo)
Testiana Deni Wijayatiningsih (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Keberadaan website sekolah sangat penting untuk menyebarluaskan informasi yang dibutuhkan sekolah, guru, siswa, dan masyarakat. Hasil wawancara akhir kegiatan ini didapatkan bahwa website ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat serta kemudahan dalam mengelola sistem informasi oleh operator. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk menambah keahlian guru-guru di SMA Muhammadiyah Sumowono untuk meningkatkan kualitas diri dan sekolah dengan memanfaatkan website sebagai sumber informasi terkini dari sekolah baik kegiatan sekolah, SDM sekolah, keunggulan sekolah dan penciri sekolah yang membedakan dengan sekolah lain sehingga mampu menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putri mereka di SMA Muhammadiyah Sumowono. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dirinci menjadi metode survey, persiapan, pelatihan, penyuluhan, pendampingan, diskusi, praktik membuat website, tanya jawab serta monitoring dan evaluasi kegiatan. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa adanya hasil pemahaman yang baik terhadap sosialisasi dan pelatihan membuat website untuk guru-guru SMA di SMA Muhammadiyah Sumowono sehingga mampu mendukung kualitas sekolah khususnya di dalam bidang pendidikan dan branding sekolah di khalayak masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...