Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profile CEO dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2019-2021. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan melalui webiset www.idx.co.id atau website masing-masing perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria dan diperoleh sebanyak 189 data sampel. Metode analisis data dengan menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda menggunakan software SPSS 26. Hasil menunjukkan bahwa (1) CEO Nationality tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (2) CEO Age tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (3) CEO Narcissisme tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (4) CEO Education berpengaruh negative terhadap Manajemen Laba, (5) CEO Arrogance yang diproksikan dengan CEO Duality berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba, (6) CEO Experience tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (7) CEO Overconfidence tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (8) Management Abbility berpengaruh negatif terhadap Manajemen Laba, (9) CEO Expertise tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (10) CEO IT Expertise tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba, (11) Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba.
Copyrights © 2023