JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)

Pengaruh EWOM (Electronic Word of Mouth) di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata di Kota Tomohon

Daniel Oley (Universitas Sam Ratulangi)
James D.D. Massie (Unknown)
Imelda W.J. Ogi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui indikator eWOM di media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didasarkan atas pertimbangan penulis, responden merupakan pengunjung wisata di Kota Tomohon dan sudah mengikuti akun Dinas Pariwisata Kota Tomohon.Data penulis diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan content kepada 100 responden dengan skala yang menjadi acuan pengukuran adalah likert.Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penulisi teliti menunjukan bahwa concern for other, expressing positive feeling, helping company, dan contentĀ  secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung, namun Secara parsial Expresing Positve feeling kurang mempengaruhi keputusan berkunjung wisata di Kota Tomohon, bukan berarti dari variabel ini pengunjung tidak tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Kota Tomohon ada juga kemungkinan perasaan yang di gambarkan orang lain kurang tersampaikan ke responden lewat sosial media Instagram sehingga tanggapan dariĀ  responden kurang sesuai dengan harapan responden. KataKunci: Concern for Other, Expressing Positive Feeling, Helping Company, Content, Keputusan Berkunjung

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...