JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)

Pengaruh Kelompok Acuan, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado

Affiano Armando Dengah (Universitas Sam Ratulangi Manado)
Silvya Lefina Mandey (Unknown)
Djurwati Soepeno (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik purposive sanpiling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan T. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara simultan kelompok acuan, promosi dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Secara parsial kelompok acuan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Sedangkan secara parsial brand image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Untuk pihak Ventela agar dapat memperhatikan faktor – faktor kelompok acuan dan meningkatkan promosi dan brand image sehingga produk lebih banyak diketahui dan mudah diingat oleh konsumen. Kata Kunci: Kelompok Acuan, Promosi, Brand Image, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...