Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN 46 Cakranegara

Sukma Dewi Sulastri (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)
Baiq Niswatul Khair (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Pengembangan media fun thinkers book di SDN 46 Cakranegara atas dasar fenomena yang ada di sekolah yaitu belum optimalnya penggunaan media pembelajaran oleh guru, sehingga pembelajaran terjadi secara monoton dan peserta didik kurang fokus, banyak sibuk sendiri serta berdampak pada kurangnya pemahaman perserta didik pada materi pembelajaran, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dan mengetahui kelayakan dari media fun thinkers book yang telah dikembangkan untuk peserta didik kelas I SDN 46 Cakranegara. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, & Evaluation) dengan desain penelitian R&D (Research & Development). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, tes dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa skor dari uji validasi ahli media memperoleh persentase 89% dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli materi memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk respon peserta didik terhadap media memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis, dan respon guru kelas terhadap media sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, serta hasil tes belajar peserta didik setelah menggunakan media memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media fun thinkers book sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...