Kualitas pembelajaran tidak lepas dari peran seorang guru dengan komptensinya. Untuk mengoptimalkan peran guru tersebut maka perlu adanya supervisor yang melakukan supervisi akademik. Kepala Sekolah sebagai supervisor melakukan supervisi akademik dalam rangka mengoptimalkan kemampuan profesional guru yang akan berimbas pada kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah sehingga dapat memperoleh prestasi dan pengakuan dari pengawas. Subjek penelitian yakni dua orang guru dan kepala Taman Kanak (TK), dimana mereka terlibat dalam kegiatan supervisi akademik. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian diperoleh kategorisasi dari hasil wawancara yaitu teknik supervisi akademik, karakteristik kepala sekolah, dan hambatan yang dimiliki oleh guru dan kepala sekolah. Kesimpulannya bahwa supervisi akademik yang dilakukan di TK berjalan baik meskipun memiliki hambatan karena teknik supervisi akademik yang digunakan efektif dan karakteristik dari Kepala Sekolah mendukung keberhasilan tersebut. Rekomendasi penelitian yakni keberhasilan supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan profesional dominan dipengaruhi oleh kualitas supervisor itu sendiri.
Copyrights © 2023