Karya cipta ini dilatarbelakangi karena belum adanya media evaluasi berbasis kemampuan literasi pada pembelajaran pendidikan keagamaan Buddha yang valid, reliabel, dan praktis yang dapat digunakan oleh peserta didik atau siswa dan pendidik atau guru kelas XII. Tujuan pembuatan karya cipta ini adalah menghasilkan media evaluasi adative testing berbasi kemampuan literasi yang valid, reliabel, dan praktis pada pembelajaran PAB untuk peserta didik dan pendidik kelas XII. Metode yang digunakan dalam program ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, angket, serta wawancara. Observasi dilakukan dengan cara mendeskripsikan aktivitas siswa atau peserta didik di kelas dalam menggunakan media tersebut. Sedangkan penggunaan angket digunakan untuk mendapatkan informasi tentang hal- hal yang perlu diperbaiki dari media evaluasi berbasis Android. Pedoman wawancara digunakan untuk mengumpulkan informasi terkait kekurangan media evaluasi berbasis Android. Teknik analisis data yang akan digunakan di dalam kegiatan ini yaitu analisis Greogory. Hasil karya cipta ini yaitu menghasilkan media evaluasi Adaptive Testing berbasis kemampuan literasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Buddha. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu Adaptive Testing berbasis kemampuan literasi pada pembelajaraan keagamaan Buddha dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi bagi guru atau tenaga pendidik untuk mengetahui tingkat kepemahaman peserta didik mengenai materi agama Buddha yang telah dipelajari selama ini. Sedangkan untuk peserta didik, alat ini dapat digunakan sebagai media belajar untuk mengasah kemampuan dan pemahaman materi agama Buddha yang telah dipelajari.
Copyrights © 2023