Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Pertiwi 1 Padang yaitu rendahnya kepercayaan diri yang dimiliki siswa dalam belajar, ini ditunjukkan pada proses belajar mengajar di kelas terdapat siswa yang enggan untuk merespon guru, merasa cemas, dan merasa rendah diri ketika akan mengeluarkan pendapat dan apabila dihadapkan pada kondisi ini siswa mudah bingung dan akhirnya menarik diri dari lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu dengan target sampel 20 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior therapy dan kelompok kontrol yang diberikan konseling kelompok tanpa pendekatan. Diketahui bahwa layanan konseling kelompok terapi perilaku rasional emotif efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa
Copyrights © 2023