Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merinci bagaimana metode ilmiah digunakan dalam Ilmu KIT untuk lebih menjelaskan bagaimana membantu siswa memahami ide-ide kunci. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Raya Tahun Pelajaran 2022/2023, dan peneliti mengambil dari dua kelas untuk mengumpulkan sampelnya sebanyak 43 peserta: kelas VII-1 sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 21 peserta, sedangkan kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta 22 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman pengukuran materi yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda yang awalnya divalidasi menggunakan SPSS kemudian dinilai reliabilitasnya dengan KR 21. Analisis deskriptif dilakukan dengan menghitung skor rata-rata pada serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa; analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis; dan perangkat lunak SPSS 23 digunakan untuk semua analisis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen (KIT IPA) lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dan terdapat perbedaan yang cukup besar antara kelas eksperimen dan kelas eksperimen yang menggunakan KIT IPA, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran lebih berhasil. Lingkungan yang diatur secara metodologis dan teratur di mana praktik pedagogis tradisional digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023