Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2021)

Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa

Andi Wahyuni Asti (Universitas Negeri Makassar)
Syamsuardi Saodi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca anak sebelum dan sesudah menggunakan gambar seri dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan rancangan experimen dengan jenis true experimental design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling sebanyak 40 orang anak. Pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan membaca anak diukur menggunakan analisis statistik deskriptif, dan uji t (t-test). Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan membaca anak hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol umumnya mengalami kesulitan membaca. Setelah dilakukan pemberian media gambar seri untuk kelompok eksperimen nilai posttest menunjukkan kemampuan membaca yang sangat baik sedangkan kelompok kontrol nilai posttestnya baik sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan gambar seri terhadap kemampuan membaca anak di Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJEC

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, ...