EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021

PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Ummu Salamah (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik Tema 8 Subtema 1 pembelajaran 2 Pokok Bahasan Siklus Air melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning. Pemahaman adalah bagaimana seseorang mempertahankan, membedakan, menduga, menerangkan, memperluas, menyimpulkan, menggeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan. Pemahaman dapat dilihat dan diukur dengan cara melihat sejauh mana siswa dapat menjelaskan suatu kejadian ataupun materi dengan menggunakan bahasa sendiri. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat simultan terintegratif, dengan pendekatan Quantitative Approach (Pendekatan Kuantitatif). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning terbukti dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik rata-rata mencapai 81,6 %, dan presentase ketuntasan 83,3 %. Pada siklus II hasil belajar peserta didik rata-rata mencapai 88,63%, presentase ketuntasan 88,8 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...