EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021

PENERAPAN MEDIA JIDSAM BARGAMBER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III MI

Rofiqoh Firdausi (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Rif’atul Ula (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika kelas III MI. Beberapa faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi pemahaman siswa seperti: 1) kurangnya pemahaman siswa tentang materi satuan waktu, 2) dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan apa yang ada di dalam buku, 3) tidak ada variasi metode pembelajaran yang lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan media Jidsam Bargamber agar dapat meningkatkan pemahaman siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan Media Jidsam Bargamber dapat meningkatkan pemahaman siswa materi satuan waktu mata pelajaran Matematika kelas III MI?. Sedangkan tujuannya untuk menerapkan media Jidsam Bargamber dalam pelajaran matematika materi satuan waktu dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: tes tulis, observasi, dam wawancara. Namun berkaitan dengan penyebaran covid-19, maka penelitian yang disusun tidak dapat dilaksanakan dan dalam hal ini hanya sampai pada tahapan perencanaan dengan persyaratan semua instrumen penelitian harus divalidasi. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 validator, dapat diketahui bahwa RPP yang disusun peneliti memperoleh nilai rata-rata 3.95. Validasi media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4.15. Kemudian validasi tes tulis (pre-test) memperoleh nilai rata-rata 4.56, post test memperoleh nilai rata-rata 4.46. Dan validasi pada LPO memperoleh nilai rata-rata 4.7. Sehingga seluruh instrumen yang disusun layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...