Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 2 (2022): Juli 2022

Keefektifan Metode Think-Talk-Write Berbasis E-Learning Berbantuan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021

Eliza Pebriyanti (Universitas PGRI Semarang)
Siswanto PHM (Universitas PGRI Semarang)
Siti Ulfiyani (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penyesuaian dalam pembelajaran yang dilakukan secara daring akibat penyebaran virus Covid-19. Melihat kondisi itu, perlu upaya mengefektifkan pembelajaran oleh pendidik, salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran dan aplikasi pendukung yang sesuai. Termasuk dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Banjarharo Brebes tahun pelajaran 2020/2021. Metode dan aplikasi yang digunakan harus menyesuaikan kebutuhan dan tujuan belajar peserta didik yakni mampu mempergunakan metode dan aplikasi pendukung dengan baik.Metode dan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Think Talk Write dan aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu teknik tes dan nontes. Berdasarkan analisis data, dapat dilihat dari pemerolehan hasil analisis uji t, yaitu terlihat thitung sebesar 2,984 yang ternyata lebih besar dari ttabel taraf signifikan 1% pada dk = 29 yaitu sebesar 2,75. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang diajukan diterima. Hal ini berarti bahwa metode Think Talk Write berbasis e-learning berbantuan aplikasi Google Classroom efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA N 1 Banjarharjo Brebes tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra ...