Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021): Juli 2021

ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS E-BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII TUNAGRAHITA SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG

Rohayatun Nur Fadilah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan awal dalam pengembangan bahan ajar berbasis e-book pada peseta didik kelas VII tunagrahita, mendeskripsikan jenis e-book yang telah digunakan sebelumnya dalam proses pembelajaran peseta didik kelas VII tunagrahia, dan mendeskripsikan sejauh mana penggunaan kebutuhan bahan ajar e-book pada peserta didik kelas VII tunagrahia. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi literatur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain Research and Development. Teknik tersebut didapatkan melalui wawancara, studi pustaka, angket nontes, buku, dan jurnal. Komponen analisis data meliputi media, materi, dan praktisi. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu adanya variasi bahan ajar untuk memenuhi kebutuhan belajar khususnya bagi peserta didik dengan kategori tunagrahita. Rata-rata penggunaan bahan ajar dikemas dalam bentuk buku. Bentuk yang dimaksud yaitu e-book, Pop-Up Book, Buku Ilustrasi, dan lain-lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra ...