Sasindo : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021): Juli 2021

PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTS N 1 PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mustofa Ainul Yaqin (FPBS Universits PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs N 1 Pati tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek kelas VII-C berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan tes menulis teks deskripsi, sedangkan teknik nontes dilakukan dengan observasi dan pembagian kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model STAD dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan keberhasilan data yang diperoleh persentase ketuntasan 96,9%. Dengan demikian, dikatakan bahwa model STAD dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efisien untuk dilakukan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Sasindo: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup artikel penelitian, laporan penelitian, ulasan, dan komentar ilmiah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan perincian sebagai berikut. Pengajaran Bahasa Indonesia Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengajaran Sastra ...