Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 3 No. 1: April 2023

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dengan Pendekatan Problem Posing dan Media Pohon Matematika

Arfi Wahyu Nurkarim (STAI Nurul Islam Mojokerto)
Abdurrahman Rifki (IAI Miftahul Ulum Pamekasan)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran, (2) Mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran yang baik (3) Mendeskripsikan Efektifitas pembelajaran menggunakan model Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan pendekatan Problem Posing. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model yang dibuat oleh Plomp (2013). Subjek penelitian merupakan guru dan siswa SMP. Perangkat pembelajaran memuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memuat Problem Posing dengan menggunakan media Pohon Matematika, serta Tes Hasil Belajar (THB). Materi pembelajaran yang digunakan tentang Sifat, Keliling dan Luas Persegipanjang dan Persegi. Hasil penyusunan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Hasil dari implementasi pada pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model TS-TS yang dikombinasikan dengan pendekatan Problem Posing dengan media Pohon Matematika efektif untuk digunakan pada materi Persegipanjang dan Persegi di kelas VII.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...