UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi yang berpotensi untuk menggerakkan kegiatan ekonomi. UMKM yang saat ini menghadapi persaingan yang ketat adalah bisnis Kafe. Persaingan bisnis yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Cafe Bintang Sanga. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. sumber data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Aplikasi pengolah data yang digunakan adalah IBM SPSS v.25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Muslim di Cafe Bintang Sanga. Fasilitas (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan muslim di Cafe Bintang Sanga. Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan muslim di Cafe Bintang Sanga. Hasil uji F menyatakan bahwa variabel produk, fasilitas, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Muslim di Cafe Bintang Sanga. Hasil uji koefisien determinasi parsial (r2) menyatakan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas nasabah muslim adalah kualitas pelayanan.
Copyrights © 2023