Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia
Vol 1 No 1 (2023): Februari: Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA DI KABUPATEN BEKASI

Lalan Ruslanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, pada siswa SMP swasta di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara acak dari seluruh siswa kelas delapan di SMP Islam Al-Amin berjumlah 180 siswa dan Baiturrahman berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket kepercayaan diri, tes struktur kalimat, dan tes menulis teks recount bahasa Inggris. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi dan regresi ganda, dan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.473 > 0.05 dan Fhitung=0.760, (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,942 > 0.05 dan thitung = 0.073,dan (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,227 > 0,05 dan thitung = 1.221.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUBPI

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...