Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 2, No 1 (2022): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Bugis dan Bahasa Indonesia pada Interaksi Petugas dan Pasien Puskesmas di Kampiri Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo

Nurfaisyah Nurfaisyah (Universitas Negeri Makassar)
Johar Amir (Universitas Negeri Makassar)
Asia Asia (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode bahasa Bugis dan bahasa Indonesia pada interaksi petugas dan pasien puskesmas di Kampiri. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data lisan berupa kata, klausa dan kalimat yang mengandung alih kode dan campur kode bahasa Bugis dan bahasa Indonesia yang bersumber dari narasumber yakni pasien dan petugas puskesmas di Kampiri yang diambil saat proses percakapan sedang berlangsung antara petugas dan pasien puskesmas dan beberapa data yang diambil dengan cara wawancara pasien dan petugas puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam, simak, catat dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wujud alih kode pada interaksi petugas dan pasien puskesmas di Kampiri ada tiga yakni terjadi antarkalimat, terjadi intrakalimat, dan alih kode pada tag. Wujud campur kode ada dua yaitu penyisipan unsur berwujud kata dan frasa. Faktor penyebab terjadinya alih kode yakni lawan tutur dan faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu sikap penutur dan latar belakang kebahasaan.Keywords: Alih Kode, Campur Kode, Bahasa Bugis, Bahasa Indonesia, Interaksi Petugas dan Pasien Puskesmas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...