Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development
Vol. 1 No. 4 (2019): Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research and Development (August

KORELASI ANTARA MINAT MENGGAMBAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 BATAM

Yolanda Ferdani Melinton (Universitas Negeri Padang)
Refdinal Refdinal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2019

Abstract

Kurang memuaskannya hasil prestasi belajar siswa Jurusan Mesin di SMK Negeri 1 Batam, merupakan sebuah gejala yang perlu diteliti dan dicari tahu penyebabnya.Faktor minat dan ketertarikan terhadap mata pelajaran tersebut diasumsikan memiliki pengaruh terhadap hasil prestasi siswa.Atas dasar itu, penulis mencoba melakukan penelitian ini dengan tujuan mencari tahu apakah ada hubungan yang signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar gambar teknik.Tidak itu saja, penulis ingin mencari tahu seberapa tinggi tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut.Penelitian ini menggunakan metode korelasi, dimana penulis ingin melihat hubungan antara 2 variabel, yakni minat dan prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli tahun 2019 di SMK Negeri 1 Batam pada siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Batam, tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 142 siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 105 siswa.Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan angket untuk mengetahui seberapa tinggi minat belajar gambar teknik dan mengumpulkan nilai ujian semester genap siswa kelas X Jurusan Pemesinan. Data diolah dengan menentukan koefisien korelasi dan koefisien determinasinya..Setelah data diolah dan dideskripsikan, akhirnya dapat dianalisa bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antar minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik.Akan tetapi tingkat korelasinya sangat rendah. Dari sebaran angket dapat disimpulkan bahwa penyebab rendahnya tingkat korelasi ini dimungkinkan karena faktor lain selain minat, yaitu kemampuan intelektual siswa itu sendiri, sementara jika dilihat dari kompetensi guru pengampunya, tidak terlihat ketidakpuasan siswa, malahan pada umumnya siswa senang belajar gambar teknik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

R2J

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Transportation Other

Description

Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh inasti Research di bawah naungan Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI). Perbitan jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu November, Februari, Mei, dan Agustus. Ruang ...