Peningkatan kualitas guru merupakan wujud nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang saat ini menjadi salah satu polemik dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di sekolah dasar negeri 01 Tongo Indonesia. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan: wawancara, observasi dan dokumen. Akuisisi data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif secara langsung antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya mutu guru. Artinya kepemimpinan kepala sekolah yang baik akan menghasilkan peningkatan kualitas guru. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat dijelaskan bahwa budaya mutu guru dapat dibangun dengan menerapkan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang baik, meningkatkan motivasi berprestasi guru dan menerapkan disiplin kerja guru.
Copyrights © 2022